Kesesuaian Metode Pembelajaran dengan Gaya Belajar Siswa: Studi pada MIN 18 Aceh Besar

Authors

  • Darmiah Darmiah

DOI:

https://doi.org/10.22373/t1v8h415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa di MIN 18 Aceh Besar. Gaya belajar yang diteliti menggunakan model VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, melibatkan 35 siswa kelas VI. Data diperoleh melalui angket gaya belajar, observasi, dan kuesioner motivasi belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42,9% siswa memiliki gaya belajar visual, 34,3% auditori, dan 22,8% kinestetik. Guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, serta media visual sederhana. Sebanyak 57,1% siswa merasa metode pembelajaran sesuai dengan gaya belajarnya. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara kesesuaian metode dengan motivasi belajar siswa (r = 0,59; p < 0,05).

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Akbar, A., Safaruddin, & Umar. (2020). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar audio-visual terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset Pendidikan Islam, 5(1).

DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Fasha, C. A., Sarjana, K., Junaidi, & Sridana, N. (2023). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417–424.

Jampel, I. N. (n.d.). Analisis motivasi dan gaya belajar siswa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Lapedu, J. M., Jahidin, J., & Fahyuddin, F. (n.d.). Pengaruh motivasi belajar, minat belajar dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri di Kota Kendari. Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA.

Mayanto, A., Zulfikar, Z., & Faisal, A. (2020). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap motivasi dan hasil belajar Penjas. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(1), 69–78.

Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (n.d.). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika.

Naftali, Y. M. (n.d.). Analisis gaya belajar siswa kelas 5… dalam meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan diferensiasi. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru.

Putri, A. R., & Dewanti, S. S. (n.d.). Pengaruh gaya belajar terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika).

Rodhiah, R., & A’yun, D. (n.d.). Penyesuaian gaya belajar dengan prinsip aliran humanisme berbasis media PhET kelas 6 SDN Telang 1. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undari, M., Salmiyanti, S., & Fitria, Y. (n.d.). Hubungan antara gaya belajar dan achievement motivation peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Widiyani, T. P., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2020). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Gugus Kepatihan Kecamatan Kebumen. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Zakaria, M. (2024). Analisis gaya belajar dalam meningkatkan motivasi siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 008 Samarinda Ulu. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(2), 66–70.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Kesesuaian Metode Pembelajaran dengan Gaya Belajar Siswa: Studi pada MIN 18 Aceh Besar. (2025). JURNAL ILMIAH MAHASISWA , 3(1), 21-29. https://doi.org/10.22373/t1v8h415