Pengsakralan Air Soko Guru Masjid Tuo Nurul Huda Sebagai Wisata Religi

Authors

  • Safera Mailida Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh

Keywords:

Air Soko Guru, Masjid, Kepercayaan Masyarakat

Abstract

Studi ini mengkaji Masjid Nurul Huda sebagai salah satu tempat keagamaan bersejarah yang memiliki nilai spiritual tinggi bagi masyarakat setempat. Masjid ini telah berdiri selama kurang lebih 100 tahun dan tidak hanya dianggap sebagai masjid tua, tetapi juga dianggap sebagai masjid keramat yang telah termasuk dalam Cagar Budaya. Salah satu bagian penting dari masjid ini adalah Air Soko Guru, yang berasal dari tiang utama (soko guru) masjid tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan Air Soko Guru Masjid Tuo Nurul Huda di tengah masyarakat Desa Pulo Kambing serta alasan masyarakat setempat mempercayai air tersebut sebagai air keramat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Pulo Kambing memiliki keyakinan yang kuat terhadap kesakralan Air Soko Guru. Air ini dipercaya sebagai warisan nenek moyang yang memiliki keistimewaan, seperti kemampuan menyembuhkan penyakit, memenuhi nazar, dan mendatangkan keberkahan. Kepercayaan ini terus hidup dari generasi ke generasi meskipun saat ini air tersebut sudah tidak keluar lagi. Masyarakat setempat maupun pengunjung dari luar daerah tetap datang ke masjid ini dengan berbagai tujuan, mulai dari berdoa hingga mengambil air untuk keperluan tertentu. Tradisi meunazar ini menjadikan Masjid Nurul Huda sebagai pusat keagamaan dan budaya yang dihormati, sekaligus menunjukkan bagaimana nilai-nilai keagamaan dan warisan budaya tetap terjaga dalam kehidupan masyarakat setempat.

References

Aditya, I. M. 2020. “Kombinasi Kepercayaan Lokal Dan Praktik Keagamaan: Implikasi Terhadap Daya Tarik Spiritual.” Pp. 120–35 in. Universitas Indonesia Press.

Alawiyah, T., & Setiawan, F. 2021. “Pengentasan Kemiskinan Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Desa.” Sosiologi USK Media Pemikiran & Aplikasi.

Anon. n.d. “Data Dari Gampong Pulo Kambing, Hal. 12.”

________. “Https://Www.Tvonenews.Com/Religi/108041-Masjid-Tuo-Pulo-Kameng-Aceh-Selatan-Masjid-Cagar-Budaya?Page=2.”

________. “Masjid Tuo Pulo Kambing, Masjid Bersejarah Di Aceh Selatan - Nukilan.” Retrieved March 1, 2025d (https://nukilan.id/masjid-tuo-pulo-kambing-masjid-bersejarah-di-aceh-selatan/).

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, M. Win Afgani. 2023. “Metode Kasus Dalam Penelitian Kualitatf.” Pendidikan Sains Dan Computer vol 3, No:3.

Cut Zahrina, Dkk. 2014. “Kisah Masjid Dari Dua Provinsi: Pemetaan Masjid-Masjid Bersejarah Di Aceh Dan Sumatra Utara.” 79.

Dewi, Hakin. 2020. “Tradisi Penggunaan Air Keramat Di Masjid Tua Nurul Huda: Sebuah Kajian Dan Kepercayaan.” Kebudayaan Dan Kepercayaan Vol 12, No:45–60.

Imran. 2020. “Sejarah Islam Dan Tradisi Keilmuan Di Aceh.” UDARRISUNA Vol 10, No.

Lektur, Puslitbang, Dan Khazanah, Keagamaan Badan Litbang, Dan Diklat, Kementerian Agama, and Jl M. H. Thamrin. 2013. “Masmedia Pinem MASMEDIA PINEM MASMEDIA PINEM.” 20.

Mira Ardin, Dkk. 2023. “Meninjau Perubahan Sosial Di Kampung Adat Pulo: Antara Modernisasi Dan Pelestarian Hukum Adat.” Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 1, No.

Moleong, Lexy J. 2007. “Metode Penelitaian Kualitatif.” Pp. 9–10 in. PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Maulana. 2010. “Dahsyatnya Shalat Subuh.” P. 59 in. Jakarta: Pusaka Marwa.

Nofal Liata, T. A. 2021. “Merawat Multikultural Pada Masyarakat Nelayan (Studi Kasus Masyarakat Pesisir Pusong Lhokseumawe).”

Nurkholis. 2023. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan,.” vol 1, no:26–29.

Sabil, Jabar. 2010. “Masjid Bersejarah Di Nanggroe Aceh Jilid II.” P. 26 in. Banda Aceh: Kanwin Kemenag Aceh.

Sabil, Jabbar. 2010. “Masjid Bersejarah Di Nanggroe Aceh Jilid II.” P. 24 in. Banda Aceh: Kanwil Kemenag Aceh.

Samwil, Fakhrul Rijal, Devi Martina. 2022. “Nilai Adata Istiadat Dalam Sunat Rasul Di Gampng Gung Pudung Kabupaten Aceh Selatan.” Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Vol 8, No:137.

Sawirni. 2013. “Nilai Penting Masjid Kuno Nurul Huda Bagi Masyarakat Desa Pulo Kambing Aceh Selatan. Skripsi.” 4.

Sulaiman, M. Isa. 2005. “Aceh: Sejarah, Budaya, Dan Tradisi Religi,.” Pp. 47–49 in. Jakarta: Penerbit Kompas.

Wachidi, S. 2018. “Pengsakralan Dalam Kebudayaantradisional: Kajian Teori Dan Praktek.” Kebudayaan Dan Tradisi Vol 10, No:34–50.

Zuriah, Dra Nurul. 2006. “Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan.” P. 85 in. Jakarta: Malang,.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengsakralan Air Soko Guru Masjid Tuo Nurul Huda Sebagai Wisata Religi. (2024). Jurnal Perspektif Sosiologi Indonesia, 1(2), 116-138. https://ojs34.ar-raniry.ac.id/index.php/jupsi/article/view/782